Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS BPK RI

Kali ini mau sedikit cerita tentang pengalaman mengikuti seleksi CPNS BPK RI khususnya mengenai Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tes SKB ini merupakan tes lanjutan setelah para calon peserta CPNS dinyatakan lulus tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang berbasis CAT. Untuk kalian yang nilainya memenuhi passing grade dan nilainya berada diurutan atas maka dapat dipastikan akan lolos ke tes tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Materi tes kompetensi bidang ini bisa jadi akan berbeda-beda tergantung kebijakan dan kebutuhan masing-masing instansi yang menyelenggarakan tes CPNS. Saat itu, enam tahun lalu, tepatnya akhir tahun 2014, tes kompetensi bidang pada seleksi CPNS BPK RI diselenggarakan oleh Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPT UI) yang meliputi Tes Psikologi, Leaderless Group Discussion (LGD) dan terakhir Wawancara Psikolog.

Untuk tes kemampuan bidang sepertinya tidak jauh berbeda dengan yang terdapat pada buku-buku atau e-book persiapan TPA/Psikotest. Tesnya meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, penalaran dan deret gambar/visual spasial. Selain itu juga ada tes menggambar orang, menggambar pohon, serta kraepelin dan pauli test. Kemudian setelah itu juga ada tes tertulis psikiatri/EPPS yang harus dijawab secara spontan buat menguji konsistensi jawaban peserta tes terhadap pertanyaan-pertanyaan yang konteksnya tidak jauh berbeda. Selanjutnya adalah Leaderless Group Discussion (LGD) yang akan menguji kemampuan peserta tes dalam menyampaikan pendapat, memberi argumen dan berdiskusi dalam kelompok. Kemudian, sesi tes terakhir adalah wawancara psikolog. Pada wawancara ini peserta tes harus benar-benar tampil meyakinkan, percaya diri, dan menjawab pertanyaan dari psikolog dengan jawaban-jawaban terbaik sesuai karakter/personality. Materi wawancara biasanya berkaitan dengan kelebihan dan kekurangan diri, motivasi kerja di BPK, rencana-rencana ke depan, serta kesiapan jika ditugaskan/mutasi ke perwakilan BPK di seluruh wilayah Indonesia.

Nah, sedikit tips buat kalian, sambil menunggu pengumuman hasil seleksi administrasi jangan lupa banyakin latihan soal-soal tes SKD dan pastikan bisa melampaui passing grade minimal. Setelah dinyatakan lulus tes SKD lanjut belajar soal-soal tes TPA dan Psikotest. Juga jangan lupa banyakin doa, sedekah, dan bantuin orang-orang yang membutuhkan. Bisa jadi ketiga hal tersebut akan menjadi penolong dan memudahkan kalian dalam menghadapi rangkaian tes seleksi CPNS yang cukup panjang. Sukses untuk kalian semua dan sampai jumpa di BPK. Aamiin…

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *